Menjaga keamanan data Ponsel

catHP Lewat ponsel, Anda tidak sekadar bisa menelepon atau sms saja, tapi juga bisa dipakai untuk Internetan, foto, merekam video, bahkan chatting, ataupun ber-e-mail ria.
Seiring dengan berkembangnya tekhnologi, tidak menutup kemungkinan data di ponsel kita bisa diambil oleh orang lain, dan tidak menutup kemungkinan bisa disalahgunakan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjaga keamanan data ponsel dan meminimalisir kemungkinan pencurian data ponsel.


1. pakai bluetooth atau infra-red seperlunya, jika selesai jangan lupa matikan.
jika ada permintaan koneksi ke ponsel Anda yang anda tidak tahu itu siapa, reject aja.

2. Manfaatkan fitur keamanan yang ada di ponsel Anda, salah satunya Kode PIN (Personal Identification Number) dan PUK (Personal Unblocking Key).

3. Backup semua data penting yang ada di ponsel ke komputer.

4. Jangan lupa untuk mencabut memori eksternal ponsel seperti memory card (MMC) atau SD card, jika ponsel tersebut akan di-service.
Seringkali sang pemilik ponsel lupa bahwa ada data rahasia di ponselnya, padahal ponsel tersebut akan ‘menginap’ di tempat service. Iya kalau petugas service-nya tidak usil. Kalau ia iseng, bisa saja data rahasia Anda disalin lalu dieksploitasi olehnya. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, sebaiknya cabut memori eksternal ponsel Anda sebelum masuk ‘bengkel’ HP.
Sekedar informasi, teknologi kini telah mampu membaca ulang seluruh isi data yang pernah mampir di ponsel. Seperti pernah diberitakan sebelumnya, perusahaan Trust Digital yang berbasis di McLean, Virginia, Amerika Serikat (AS) berhasil memunculkan ulang seluruh isi SMS dan e-mail yang ada di ponsel yang telah terdelet. Sayangnya, pihak perusahaan membeberkan software apa yang digunakan.
Mantan konsultan keamanan Cyber Presiden Bush, Howard Schmidt, saat itu menyarankan untuk mengetikkan password yang salah sebelas kali berturut-turut. Menurutnya, hal itu bisa dapat mengakibatkan data yang ada di dalam ponsel hancur (self-destruct).

5. Untuk ponsel berkamera, jangan gunakan untuk kepentingan privasi.
Ponsel sudah dianggap sebagai sebuah identitas dan rahasia. Tidak menutup kemungkinan bagi orang lain akan mencari cara untuk mengkesploitasi isinya. Untuk itulah, jangan sesekali memakai ponsel Anda untuk kepentingan pribadi yang bersifat rahasia dan sensitif. Misalnya mengambil dan menyimpan foto-foto atau rekaman pribadi yang ‘vulgar’.

6. Jangan sembarangan meminjamkan ponsel Anda kepada orang lain.
Teman terkadang bisa menjadi lawan, apalagi jika teman Anda itu punya niat jahat terhadap Anda. Bisa jadi data penting, entah itu berupa foto ‘vulgar’ atau video klip rahasia, disalin lalu disebarkan oleh teman Anda.

0 comments:

Post a Comment

silahkan isi disini...terimakasih banyak

About Me

Labels

Komentar

Download Aman

Amankah File yang saya download????

Tukeuran Link

Pasang link saya, beritahu saya dan link anda akan terpasang di blog ini

Followers