Pesantren Al-Qomariyah Bani Husain (Cikolam)

bsm

Segala puji bagi Allah Rab sekalian alam. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam beserta keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat.

Mukadimah
Perkembangan teknologi informasi yang pesat selain berdampak positif, ternyata juga berdampak negatif yang tidak sedikit. Tampaknya, teknologi ini ikut memberi andil dalam langgengnya krisis moral-spiritual.
Di samping itu, umat Islam, khususnya di Indonesia, juga tengah mengalami krisis multi dimensi. Dari krisis perekonomian hingga krisis keagamaan. Kondisi ini mau tak mau menjadikan umat Islam berada dalam keterpurukan yang panjang.
Seiring dengan perkembangan Tekhnologi, pesantren-pesantren tradisional mulai tergeserkan, para orang tua lebih senang anaknya belajar di universitas ternama walaupun banyak kekhawatiran-kekhawatiran yang akan melanda, alumni sebuah pesantrenpun banyak yang tidak mewariskan pengalaman belajar di pondok, terikat dari perkataan kyai besar, yang merupakan pendiri dari pesantren ini, beliau berkata, jangan jadi Ajeungan (ustadz) yang menyesal, maksud dari ucapan beliau tersebut ialah, seorang lulusan pesantren yang menjadi Ustadz bisa dikatakan sebagai Orang yang Menyesal jadi Ustadz, jika ia tidak menghendaki anaknya menjadi seperti dirinya. Pesantren Al-Qomariyah Bani Husain sebagai sebuah lembaga pendidikan & dakwah berupaya memberikan sumbangsihnya untuk mengentaskan umat dari keterpurukan ini.

Semoga, Pesantren ini bisa menjadi sebuah lembaga dakwah yang memiliki kemanfaatan luas dan besar bagi umat.
Kepada Allahlah kita menyerahkan segala urusan.

Tujuan

  • Membantu pemerintah Republik Indonesia dalam program pembangunan nasional di bidang keagamaan, pendidikan, sosial, dan pelestarian budaya tradisional yang islami.
  • Mengembangkan dan memberdayakan semua potensi sumber daya muslim Indonesia, khususnya bidang pendidikan, melalui pembentukan akhlaq, dan atau pembentukan manusia mandiridan agamis.
  • Menjadi salah satu sarana silaturahmi umat lewat majlis Riyadloh dan majlis dzikir bagi masyarakat luar maupun dalam lingkungan pesantren.
  • Membangun forum diskusi dan konsultasi agama bagi seluruh umat Islam.
  • Menjalin pesatuan dan kesatuan umat Islam, khususnya wilayah dusun Jagamulya desa/kec Rajadesa, dan menjadi filter dari serangan budaya luar yang kurang baik.

Struktur Pengurus

Dewan Pendiri : K.H. Affandi
Dewan Pembina : K. Mumu Mualim
Dewan Pengurus

Ketua : K. H. Endang
Sekretaris : Bp. T a t a n g
Bendahara : Bp. Awo
Dakwah & Pendidikan : Ust. Russim
Humas : H. Ace

Program Kerja

  • Menjadikan dakwah sebagai suatu keharusan dalam satu lingkungan yang nota bene Rajadesa merupakan daerah yang agamis.
  • Menyelenggarakan musyawarah-musyawarah seputar agama dengan diadakanya pengajian tafsir secara berkala pada setiap malam senin, majlis Riyadloh dzikir pada malam Kamis dan pengajian waqiah secara berjamaah setiap selasa dini hari.
  • Membangun dan mengembangkan akhlaq para santri, dengan mendasari mereka dengan berbagai macam ilmu agama yang harus selalu di junjung tinggi.
  • Membangun dan mengembangkan sarana pendidikan formal dan nonformal bagi umat Islam, seperti pembangunan pusat-pusat pendidikan dan studi Islam.
  • Mengadakan perpustakaan-perpustakaan dan taman-taman bacaan untuk kepentingan pendidikan dakwah Islam.

Kegiatan Utama

  • Pesntren Salafi Al-Qomariyah Bani Husain
  • Riyadloh Dzikir
  • DKM Cikolam

Penutup
Demikianlah profil ini di susun dengan harapan dapat memberikan gambaran singkat dan padat tentang Pesantren Al-Qomariyah Bani Husain kepada para pembaca, sehingga keberadaannya dapat diketahui secara luas oleh umat.

Kami menyadari apa yang kami lakukan masih jauh dari yang diharapkan, masih banyak yang perlu dibenahi, karena itu partisipasi dari kaum muslimin dalam bentuk apapun terhadap Pesantren ini sangat kami harapkan.
Semoga Pesantren ini dapat memberikan kemanfaatan yang luas bagi umat dan semoga Allah menerima semua amal-amal kita. Amin

0 comments:

Post a Comment

silahkan isi disini...terimakasih banyak

About Me

Labels

Komentar

Download Aman

Amankah File yang saya download????

Tukeuran Link

Pasang link saya, beritahu saya dan link anda akan terpasang di blog ini

Followers